Info Sekolah
Selasa, 30 Nov 2021
  • SMA NEGERI 24 BANDUNG, Jl. A.H. Nasution No. 27 Kel. Pasir Endah Kec. Ujungberung Kota Bandung
24 November 2021

Menjelang Hari Guru Nasional 2021 (Tipe-Tipe Guru)

Rabu, 24 November 2021 Kategori : Berita

Peringatan Hari Guru Nasional (HGN) 25 November akan tiba sebentar lagi. Momen ini juga bertepatan dengan ulang tahun Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI).

Penetapan ulang tahun PGRI sebagai Hari Guru Nasional dilakukan saat pemerintahan Presiden Soeharto melalui Keputusan Presiden RI Nomor 78 Tahun 1994. Di dalamnya dimuat bahwa peringatan ini mengingat kedudukan dan peran penting guru dalam pembangunan nasional.

Momen HGN juga sekaligus menjadi perayaan hari ulang tahun PGRI sebagai upaya penghormatan kepada para guru.

Kita semua pasti pernah atau mungkin sedang dalam masa-masa sekolah. Yang pasti semua orang memiliki banyak guru dengan berbagai ilmu dan juga karakter yang beragam. Ada yang membuat kita kesal, tapi ada juga yang sedang-sedang aja.

Dulu waktu sekolah, teringat kalau guru yang asyik pasti kita tunggu jamnya, terlambat datang (masuk kelas) langsung dijemput gurunya, tapi kalau yang galak?…  teman-teman pada banyak yang kabur, tidak lain dan tidak bukan “bolos”. Tapi sebenarnya ada juga guru yang galak tapi asyik.

Sebenarnya karakter guru itu ada macam-macam loh, yuk kita intip!

  1. Guru yang fleksibel, guru jenis ini luwes dengan segala perbedaan (artinya mereka bisa menerima keberagaman siswa) sehingga mampu menumbuhkan segala potensi siswa.
  2. Guru yang optimis, guru jenis ini menganggap semua siswa itu memiliki potensi dan setiap anak adalah pribadi yang unik. Keyakinan guru bahwa interaksi yang menyenangkan dalam pembelajaran akan mampu memfasilitasi siswa untuk berubah menjadi lebih baik dan akan berdampak pada perkembangan karakter yang positif.
  3. Guru yang respect, guru jenis ini biasanya memberikan contoh tingkah laku yang baik di depan siswa dengan harapan siswa tersebut dapat mencontoh dan mengambil nilai2 positif dari setiap gerak gerik guru.
  4. Guru yang cekatan, guru yang satu ini umumnya aktif dan dinamis. Mereka akan berusaha mengikuti keaktifan siswa demi pencapaian hal-hal yang positif bagi siswanya.
  5. Guru yang humoris, guru tipe ini sudah pasti banyak siswa yang suka. Humor-humor yang selalu dilontarkan disela-sela pelajaran akan berguna untuk menyegarkan suasana dan membuat pembelajaran lebih menyenangkan.
  6. Guru yang inspiratif, guru yang dapat memfasilitasi siswa untuk menemukan hal-hal baru yang belum diketahui oleh siswa.
  7. Guru yang lembut, guru tipe ini juga banyak disukai siswa. Guru jenis ini mengejarkan nilai-nilai cinta yang akan mempererat hubungan guru dan murid.
  8. Guru yang disiplin, nah.. gak banyak siswa yang suka dengan guru tipe ini, soalnya bikin keder.. Disiplin tidak selalu identik dengan hukuman, tapi mendorong siswa untuk menjadi sosok yang bertanggung jawab.
  9. Guru yang responsif, guru tipe ini umumnya lebih up to date dengan hal-hal yang baru untuk menunjang pembelajaran, misalnya media seperti youtube, blog dan sebagainya.
  10. Guru yang empatik, guru yang dapat memahami siswanya baik kelebihan dan kekurangannya secara individual.
  11. Guru yang berteman dengan siswa, sudah pasti guru jenis ini fansnya banyak sekali. Kedekatan dengan siswa menjadikan ikatan tidak hanya sebagai guru tapi juga sebagai teman.
  12. Guru yang penuh semangat, guru ini selalu memancarkan semangat 45′ ketika mengajar.
  13. Guru yang komunikatif, guru yang pintar mengatur komunikasi yang baik dengan siswa.
  14. Guru yang pemaaf, sudah pasti guru yang selalu memaafkan kesalahan siswa apapun bentuknya, dengan harapan siswa dapat manarik hikmahnya.
  15. Guru yang sanggup menjadi teladan, mungkin ini yang sulit dilakukan. Menjadi teladan berati mencakup semua karakter di atas.

Nah, kalian suka guru yang mana?

Silakan pilih guru-guru favorit kalian di sekolah!

Tulisan Lainnya

Oleh : Dian Brilyan

PHBI Maulid Nabi Muhammad SAW

Oleh : Firman Fauzan Adima

Peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2020

Oleh : Supeno ST

ASESMEN NASIONAL

Tidak ada komentar

Tinggalkan Komentar

 

Pengumuman

Diterbitkan :
Daftar Ulang
Setelah hasil seleski di tetapkan oleh Dinas Pendidikan selanjutnya CPD di wajibkan untuk mendaftar ulang..
Diterbitkan :
Hasil Seleksi Jalur Zonasi
Hasil seleksi penerimaan peserta didik baru jalur zonasi akan diumumkan pada tanggal 08 juli 2020..
Diterbitkan :
Pengumuman Daftar Siswa Baru Tahun 2017/2018
Quia dolori non voluptas contraria est, sed doloris privatio. Omnia contraria, quos etiam insanos esse..

Kategori

Komentar

Tidak ada komentar untuk ditampilkan.