Info Sekolah
Selasa, 30 Nov 2021
  • SMA NEGERI 24 BANDUNG, Jl. A.H. Nasution No. 27 Kel. Pasir Endah Kec. Ujungberung Kota Bandung
10 November 2021

Pekan Budaya dan Bahasa (OSIS)

Rabu, 10 November 2021 Kategori : Berita

Budaya merupakan suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi. Budaya yang ada ini terbentuk dari banyak unsur yang rumit, termasuk sistem agama, politik, adat istiadat, bahasa, perkakas, pakaian, bangunan, dan karya seni. Bahasa, sebagaimana juga masuk ke dalam bagian dari budaya, merupakan bagian tak terpisahkan dari diri manusia sehingga banyak orang cenderung menganggapnya diwariskan secara genetis.

Generasi muda adalah harapan masa depan, calon pemimpin masa depan, oleh karena itu di pundak generasi muda lah nasib suatu bangsa dipertaruhkan. Jika suatu bangsa memiliki generasi muda yang  berkualitas dan memiliki semangat yang kuat untuk memajukan budaya dan bahasa  daerah, maka bangsa itu akan menjadi bangsa besar.

Namun dalam derasnya arus globalisasi, budaya dan bahasa  lokal mengalami kerusakan dan pengikisan yang luar biasa. Saat ini kita dapat melihat betapa lemahnya peran generasi muda dalam menjaga dan  melestarikan budaya dan bahasa  daerah masing – masing  . Hal tersebut dapat kita lihat pada perilaku generasi muda yang lebih  suka mengikuti budaya modern yang kebarat-baratan dari pada budaya daerah kita yang lebih beradat dan beradab.

Oleh karena itu, OSIS SMA Negeri 24 Bandung angkatan Prajanatara 55 bermaksud untuk mengadakan kegiatan “Pekan Budaya dan Bahasa Daerah” sebagai ajang bagi warga SMA Negeri 24 Bandung mengembangkan minat baca dan memajukan bahasa, budaya, serta seni  agar melahirkan pribadi unggul dengan didasari budaya Jabar Masagi.

Adapun maksud dan tujuan atas kegiatan yang diselenggarakan ini yaitu untuk Meningkatkan rasa kekeluargaan dan silaturahmi antar siswa-siswi SMA Negeri 24 Bandung, Menjadi wadah bagi siswa-siswi dalam menyalurkan minat, bakat dan kreativitas di bidang seni, Mengembangkan minat siswa-siswi SMA Negeri 24 Bandung dalam budaya membaca serta terhadap kesenian Sunda. Menumbuhkan sikap positif, rasa bangga, serta kecintaan terhadap keragaman bahasa dan budaya Sunda. Memajukan minat baca siswa-siswi SMAN 24 Bandung melalui pentas literasi, dan Membuka juga memperluas pengetahuan serta wawasan siswa-siswi SMA Negeri 24 Bandung.

Kegiatan PBDB kali ini menyongsong tema “Culture and Language on The New Generation” dengan harapan agar siswa-siswi sebagai generasi baru itu dengan bangga menggunakan Bahasa Indonesia dan Bahasa Sunda secara baik dan benar juga mengembangkan minat baca serta budaya literasi agar semakin cinta dan bangga akan budaya dan Bahasa negeri ini.

Kegiatan dengan nama Medusa (Mengembangkan Budaya dan Bahasa) ini dilaksanakan sejak 10 November hingga 15 November. Macam-macam dari perlombaan ini adalah sebagai berikut:

  1. Musikalisasi puisi
  2. Resensi buku
  3. Speech (Pidato Bahasa Inggris)
  4. Vokal solo Putra
  5. Vokal solo Putri
  6. 24 mencari bakat
  7. Cipta cerita pendek
  8. Story telling
  9. Lomba katuangan
  10. Ngadongeng
  11. Biantara (Pidato Bahasa Sunda)
  12. Sisindiran

Tidak hanya perlombaan, namun ada pula penampilan dari kegiatan ini, yakni sebagai berikut:

  1. Penampilan dari setiap pemenang lomba
  2. Angklung Buncis
  3. Vocal Group
  4. Commustics
  5. Guest Star

Jadi, bagi kalian yang belum mendaftarkan untuk mengikuti perlombaan silahkan menghubungi panitia OSIS dan juga jangan lewatkan penampilan-penampilan dari kegiatan ini yaa..

Tulisan Lainnya

Oleh : Dian Brilyan

PHBI Maulid Nabi Muhammad SAW

Oleh : Firman Fauzan Adima

UPACARA VIRTUAL

Tidak ada komentar

Tinggalkan Komentar

 

Pengumuman

Diterbitkan :
Daftar Ulang
Setelah hasil seleski di tetapkan oleh Dinas Pendidikan selanjutnya CPD di wajibkan untuk mendaftar ulang..
Diterbitkan :
Hasil Seleksi Jalur Zonasi
Hasil seleksi penerimaan peserta didik baru jalur zonasi akan diumumkan pada tanggal 08 juli 2020..
Diterbitkan :
Pengumuman Daftar Siswa Baru Tahun 2017/2018
Quia dolori non voluptas contraria est, sed doloris privatio. Omnia contraria, quos etiam insanos esse..

Kategori

Komentar

Tidak ada komentar untuk ditampilkan.